Rabu, 23 Maret 2011

Ayunan Matematis

A. TUJUAN
Menemukan percepatan gravitasi di SMAN 5 Yogyakarta.

B. DASAR TEORI
Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak-balik benda melalui suatu titik keseimbangan tertentu dengam banyaknya getaran/detik konstan. Gerak harmonik dibedakan menjadi 2, yaitu gerak harmonik sederhana dan linear. Contoh gerak harmonik sederhana adalah bandul. Dalam ayunan matematis, gaya udara diabaikan dan massa tali juga diabaikan.
Gaya bekerja pada bandul (W = m.g) dan gaya tegangan tali Ft. Gaya berat memiliki komponen mg cos yang searah tali, dan mg sin yang tegak lurus tali. Karena tidak ada gaya gesekan udara, , maka ayunan melakukan osilasi sepanjang busur dengan besar amplitudo tetap sama.

C. ALAT DAN BAHAN
  1. Statip
  2. Tali
  3. Stopwatch
  4. Bola bekel
  5. Penggaris
  6. Busur derajat
D. LANGKAH KERJA
  1. Rangkaialah alat
  2. Simpangkan bola bekel dengan sudut 10 derajat untuk panjang tali 100 cm.
  3. Lepaslah bola bekel bersamaan dengan menekan tombol stopwatch dan juga hitunglah waktu 10 ayunan. (1 periode = 2 ayunan)
  4. Ulangi langkah 2 dan 3 untuk panjang tali 75 cm dan 50 cm.
  5. Catatlah pengamatan pada tabel pengamatan.
E. DATA HASIL PENGAMATAN

F. ANALISA DATA
- Pada tali dengan panjang 100 cm, pada percobaan 1 dibutuhkan waktu 10 detik untuk 10 ayunan, sehingga periodenya 2 (t/5 = 10/5 =2). Pada percobaan selanjutnya (percobaan 2) dibutuhkan waktu 10 detik untuk mendapatkan 10 ayunan, sehingga periodenya 10/5 = 2. Pada percobaan 3 dibutuhkan 10 detik untuk mendapatkan 10 ayunan, sehingga periodenya 10/5 = 2.
- Pada tali dengan panjang 75 cm, pada percobaan 1 dibutuhkan waktu 9 detik untuk 10 ayunan, sehingga periodenya 9/5 = 1.8. Pada percobaan selanjutnya (percobaan 2) dibutuhkan waktu 8.5 detik untuk mendapatkan 10 ayunan, sehingga periodenya 8.5/5 = 1.7. Pada percobaan 3 dibutuhkan 9 detik untuk mendapatkan 10 ayunan, sehingga periodenya 9/5 = 1.8.
- Pada tali dengan panjang 50 cm, pada percobaan 1 dibutuhkan waktu 7 detik untuk 10 ayunan, sehingga periodenya 7/5 = 1.4. Pada percobaan selanjutnya (percobaan 2) dibutuhkan waktu 7.2 detik untuk mendapatkan 10 ayunan, sehingga periodenya 7.2/5 = 1.44. Pada percobaan 3 dibutuhkan 7 detik untuk mendapatkan 10 ayunan, sehingga periodenya 7/5 = 1.4.

G. JAWABAN PERTANYAAN
1. Hitunglah percepatan gravitasinya !
2. Sebutkan faktor - faktor yang mempengaruhi percepatan gravitasi !
- panjang tali
- jarak SMAN 5 yogya dari pusat bumi

3. Sebutkan penerapannya dalam kehidupan sehari -hari !
- pegas dalam arloji
- shockabsorber pada mobil
- petikan sinar gitar

H. KESIMPULAN
Gravitasi adalah gaya yang ditimbulkan bumi dan dapat dihitung dengan berbagai cara, salah satunya ayunan bandul sederhana. Pada ayunan bandul sederhana, masa bandul tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan panjang tali . Dan panjang tali berbanding terbalik dengan kuadrat periode. Besarnya percepatan gravitasi disetiap tempat  berbeda, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan jarak antara benda dengan titik pusat bumi, semakin besar jaraknya maka semakin besar pula gravitasinya.

2 komentar:

Pandu AL Lawiyah mengatakan...

nie yang kuliah di gunadarma ya

Anonim mengatakan...

semakin besar jarak kok semakin besar gravitasinya? bukannya malah semakin kecil ya?

Posting Komentar

Leave your comments in here ^-^